Sabtu, 02 Juni 2012


Gubernur Maluku, SpaceCon International dan PT. PP-KBNP Join Operation tanda tangan MoC bangun Victoria Park

AMBON-Gubernur Maluku bersama PT. SpaceCon International dan PT. PP-KBNP Join Operation, Rabu pagi melakukan penandatanganan MoC kontrak kerja pembangunan Victoria Park Tower. Penanda tanganan MoC berlangsung di ruang rapat lantai 7 kantor gubernur Maluku. Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu mengatakan penanda tanganan kontrak MoC merupakan bukti konkrit kemitraan Pemerintah Daerah Maluku bersama dunia usaha dalam spirit terus bekerja tiada henti bagi kemajuan dan kejayaan Maluku.

Ralahalu menambahkan Pemda Provinsi Maluku menyampaikan apresiasi positif atas terlaksananya kerjasama antara PT. SpaceCon International dengan PT. PP-KBNP JO ini, karena menjadi satu langkah maju dalam rangka merealisasikan proyek pembangunan Hotel Victoria Park Tower sebagaimana Perjanjian Bangun Guna Serah antara Pemerintah Provinsi Maluku dengan PT. SpaceCon International, pada tanggal 23 November 2010 lalu. Hal ini guna mendorong percepatan pembangunan ekonomi Maluku, salah satu sektor unggulan yang ditetapkan untuk dikembangkan adalah sektor pariwisata. Penetapan sektor pariwisata ini dengan mempertimbangkan Maluku memiliki potensi kepariwisataan yang besar.

Sejak lama Provinsi Maluku telah dikenal karena wisata bahari yang eksotik dan sebagai daerah yang kaya akan panorama laut dan hasil-hasilnya. Maluku juga memiliki potensi wisata sejarah peninggalan era penjajahan dan era perang dunia kedua dan masih banyak lagi obyek wisata yang diandalkan. Karena itu, sangatlah tepat untuk menjadikan Maluku sebagai pilihan utama destinasi wisata dan lokasi kegiatan investasi yang menjanjikan. Untuk mendayagunakan potensi pariwisata tersebut, diperlukan dukungan dan partisipasi semua pihak terkait, termasuk dunia usaha. Partisipasi dunia usaha dimaksud meliputi pula pembangunan Hotel dengan fasilitas yang lebih memadai dan memenuhi standar internasional. Apalagi jumlah kunjungan wisatawan ke Maluku cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Pembangunan Victoria Park Tower di Kota Ambon menjadi salah satu diantara partisipasi dunia usaha tersebut. Pembangunan ini dipastikan akan memberi manfaat ganda, seperti terbukanya lapangan kerja baru, penyerapan tenaga kerja, pemberdayaan usaha lokal yang terkait dan lain sebagainya, yang kesemuanya itu bermuara pada peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Ralahalu harapkan agar pada waktunya nanti pekerjaan pembangunan Victoria Park Tower yang meliputi hotel, apartemen, pusat perbelanjaan, hiburan serta rumah sakit bertaraf Internasional tersebut dapat juga melibatkan kontraktor atau pengusaha lokal di daerah ini sebagai wujud pemberdayaan kepada masyarakat lokal. DMS