Sabtu, 02 Juni 2012


Gubernur Maluku, kukuhkan kafillah Maluku

AMBON- Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, Jumat pagi di ruang rapat lantai tuju kantor Gubernur Maluku, melantik 53 orang kafillah atau peserta lomba MTQ nasional ke-24 yang berasal dari Maluku. Saat melantik, gubernur didampingi wakil Menteri Agama RI, Nazarudin Umar dan wakil gubernur Malulku, Said Assegaf. 53 peserta atau kafillah terdiri dari 42 tim umum dan 11 orang kafillah tim inti.

Ralahalu mengatakan, Pengukuhan ini menandai kesiapan Maluku sebagai tuan rumah sekaligus sebagai peserta MTQ itu sendiri. Al Quran Diturunkan ke dunia sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam, Al’Quran sarat dengan muatan pesan-pesan illahi dan mengajarkan hal-hal pokok seperti tauhid, syariah, ibadah, muamalah, akhlak, moral, ilmu pengetahuan, serta kisah-kisah sejarah masa lalu.

Al’Quran juga menempuh berbagai cara guna mengantarkan manusia kepada suatu kesempurnaan kemanusiaannya, yang tergantung pada 2 hal mendasar yaitu ketaatan kepada Tuhan Sang Maha Pencipta, serta bagaimana membangun dimensi kemanusiaan melalui hubungan horizontal harmonis dengan sesama manusia dan alam ciptaanNya. Olehnya itu, Al’Quran diturunkan bukan sekedar untuk dibaca, melainkan bagaimana kita mampu untuk memahami, mempelajari, dan mengamalkan isi kandungan Al’Quran dalam sikap dan perbuatan kita sehari-hari, sehingga Al’Quran dijadikan sebagai keutamaan hidup dan sumber inspirasi yang mampu membimbing kita dalam kedudukan dan fungsi masing-masing, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Ralahalu menambahkan dalam realitas tersebut, kini dihadapan rakyat Maluku telah hadir Para Peserta MTQ yang akan mewakili Provinsi Maluku pada event MTQ Nasional XXIV Tahun 2012. Mereka adalah qori dan qoriah terbaik hasil MTQ Tingkat Provinsi Maluku Tahun 2011 di Kota Dobo Kabupaten Kepulauan Aru, yang kemudian selama kurang lebih 3 bulan terakhir, telah menjalani pembinaan intensif baik di Ambon maupun di Jakarta, dengan melibatkan pelatih nasional maupun daerah. Kesemuanya itu di lakukan untuk memperoleh peserta yang benar-benar berkualitas dan mampu memberikan prestasi terbaik. Sebagai Tuan Rumah, warga Maluku berhak menaruh harapan dan obsesi, agar anak-anak kita mampu mengukir juara nantinya.

Dari catatan prestasi di tingkat Nasional, patut disyukuri bahwa pada MTQ Nasional XXIII Tahun 2010 di Provinsi Bengkulu, Provinsi Maluku telah berhasil meraih prestasi gemilang yakni meraih Qori Terbaik Pertama Tilawah Dewasa atas nama Abdul Azis Rumaloak, serta Juara III dan Harapan I Golongan Khat Al’Quran. Dengan hasil ini, membawa Provinsi Maluku menduduki peringkat 10 Besar MTQ Nasional. merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Begitu pula pada STQ Tingkat Nasional Tahun 2011 di Banjarmasin, dimana Provinsi Maluku mampu menduduki Peringkat 8 Besar Nasional. Atas dasar itulah, Ralahalu optimis kita akan mampu meningkatkan peringkat, bahkan jika diperkenankan Tuhan, dapat menjadi Juara Umum MTQ Nasional XXIV, sesuai dengan Tri Sukses yang telah kita canangkan yaitu : Sukses Penyelenggaraan, Sukses Pembinaan-Prestasi dan Sukses Administrasi.DMS