Kamis, 07 Juni 2012


Menteri Agama lantik dewan hakim MTQ

AMBON-Menteri Agama RI, Surya Dharma Ali, kamis pagi di ruang rapat lantai V DPRD provinsi Maluku melantik tim pengawas, panitera dan dewan hakim MTQ nasional ke-24 di kota Ambon. Jumlah tim pengawas, dewan hakim dan panitera yang dilantik sebanyak 150 orang. Mereka mempunyai tugas mempersiapkan, menyusun program-program dan rencana kerja dalam rangka persiapan serta melaksanakan penyelenggaraan MTQ nasional ke-24 tahun 2012 di kota Ambon provinsi Maluku. Mengawasi pelaksanaan MTQ nasional ke-24 Tahun 2012,  melaksanakan penilaian terhadap penampilan peserta MTQ. menetapkan peserta terbaik dan harapan, melaksanakan administrasi perhakiman MTQ nasional.

Tim pengawas di ketuai oleh H. Mubarokh dan ketua dewan hakim, Said Agil Husen Al Munawar. Pelantikan sesuai dengan SK Menteri Agama Nomor 78 Tahun 2012. Menurut Dharma Ali, MTQ nasional ke-24 di kota Ambon akan dibuka secara resmi oleh presiden RI, pada Jumat malam di lapangan Merdeka Ambon. Dewan hakim merupakan unsur kelengkapan yang sangat penting dalam setiap MTQ, kualitas MTQ tidak dilihat dari hasilnya tetapi pada prosessnya dimana sebagian besar ditentukan oleh kualitas dan objeksitas penilaian dewan hakim.

Dharma Ali menambahkan tidak semua ulama, ahli Al-qur’an dari seluruh nusantara mendapat kesempatan menjadi dewan hakim MTQ nasional, namun bagian dalam komposisi dewan hakim pada setiap MTQ nasional adalah regenerasi dan keterwakilan daerah tidak pernah diabaikan. Dewan hakim diingatkan untuk menggunakan pedoman penghakiman yang telah ditentukan. Tugas dewan hakim menuntut keiklasan, profesionalitas dan tanggung jawab moral baik perseorangan maupun kolegial. Penilaian dan keputusan dewan hakim bersifat final, mengikat bagi setiap peserta MTQ dan tidak dapat di ganggu gugat. DMS