Jumat, 27 April 2012


Polres Ambon turunkan 3 SST amankan bentrokan Hattu-Allang 

AMBON-Polres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease turunkan 3 SST atau setara 1 Kompi pasukan untuk amankan bentrokan antar warga desa Hattu dan Allang. Wakapolres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease, Suratno saat diwawancarai didesa Liliboy mengatakan, 3 SST pasukan Polri yang diturunkan terdiri dari 2 SST Brimob dan 1 SST Dalmas dibantu anggota Polsek kecamatan Leihitu Barat. Mereka ditempatkan di perbatasan desa Hattu dan desa Allang.

Selain anggota Polres, puluhan anggota TNI juga diturunkan untuk membantu Polisi dalam melakukan pengamanan terhadap warga kedua desa. Menurut Suratno bentrokan dipicu oleh adanya aksi pemukulan terhadap salah satu pemuda Hattu didesa Allang beberapa hari yang lalu. Pasca kasus tersebut kedua kepala desa (Raja) dari desa Allang dan Hattu telah bertemu dan bersepakat melakukan perdamaian dan penyelesaian kasus tersebut secara kekeluargaan. Hasil pertemuan kedua Raja tidak dijelaskan ke masyarakatnya sehingga kedua warga desa masih saling dendam antara satu dan lainnya dan berujung dengan bentrokan yang terjadi pada Jumat pagi.

Suratno menambahkan situasi keamanan kedua desa telah terkendali, sementara korban luka-luka dari warga kedua desa telah diobati di Puskemas yang berada di desa Allang dan Hattu. Sementara Raja kedua desa sementara dimediasi untuk melakukan kesepakatan berdamai dan menghentikan bentrokan yang terjadi diantara mereka. DMS