Minggu, 08 April 2012


Warga Skip Ambon temukan Mortir

Warga Skip Ambon temukan sebuah mortir yang diduga peninggalan Belanda.  Wakapolres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease, Suratno membenarkan adanya penemuan mortir tersebut. Menurut Suratno, mortir tersebut ditemukan pada Jumat pagi oleh Susan Laratamase, perempuan 29 Tahun, Warga Skip RT 003, RW 02 Kecamatan Sirimau Ambon.

Mortir ditemukan di belakang rumah keluarga Deny Folatfinda. Menurut keterangan Susan Laratmase, mortir ditemukan pada Jumat pagi saat dirinya mengambil tempat sampah disamping rumahnya. Saat itu dirinya melihat sebuah benda berada di samping dinding rumahnya dan menduga barang tersebut adalah besi tua.

Pada siang hari saat saudaranya, Wem Sabono kembali kerumahnya, Susan bersama suaminya kemudian menanyakan Sabono tentang mortir yang dilihatnya, namun penjelasan Sabono dirinya tidak memilki barang tersebut. Karena takut terjadi ledakan mereka kemudian melaporkan temuannya ke Anggota Brimob Polda Maluku, dan Anggota Brimob Polda Maluku melanjutkan laporan ke Satuan Gegana Polda Maluku. Gegana pun langsung turun ke TKP untuk mengamankan mortir yang ditemukan.

Menurut Suratno, mortir yang diamankan Gegana telah diserahkan ke Polres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease dan Polres telah memberikan ke Kodim 1504 Pulau Ambon karena mortir tersebut adalah benda peninggalan Belanda dan yang mempunyai wewenang untuk mengamankan adalah TNI.

Suratno meminta warga kota Ambon yang menemukan benda peninggalan bahan peledak baik peninggalan Belanda maupun sisa-sisa konflik 1999 lalu untuk segera dilaporkan ke Polres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease guna dilakukan pengamanan untuk menghindari terjadinya ledakan dan lainnya yang membahayakan orang lain. DMS