Kamis, 09 Februari 2012


Bentrokan antar warga Porto dan Haria, satu orang kena tembak

Bentrokan antar warga negeri Porto dan Haria kecamatan Saparua, kabupaten Maluku Tengah kembali terjadi, akibatnya satu orang mengalami luka tembak. Bentrokan dipicu oleh adanya kebijakan pemerintah  desa (negeri) Porto yang melakukan Sasi terhadap dusun kelapa mereka.Sasi tersebut rencanya dibuka pada saat perayaan hari raya Paskah. Kebijakan negeri Porto tersebut tidak diterima oleh warga negeri Haria, akibatnya terjadi perdebatan antar kedua negeri yang mengakibatkan bentrokan antar warga.

Kabag Operasi Polres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease, Saifullah mengatakan alasan penolakan warga negeri Haria terhadap kebijakan Sasi pohon kelapa karena lokasi Air Raja yang selama ini menjadi penyebab bentrokan antar warga kedua negeri berada dalam lokasi dusun kelapa yang disasi warga Porto. Jumlah korban akibat bentrokan antar warga Porto dan Haria sementara diidentifikasi Polisi, olehnya belum diketahui secara jelas jumlah korban luka-luka maupun korban lainnya akibat bentrokan tersebut.

Saifullah menambahkan untuk mengamankan warga Porto dan Haria yang saling bentrok, Polisi telah melakukan penyekatan warga kedua negeri. Sementara aparat keamanan yang telah diturunkan yaitu dari Brimob Polda Maluku dibantu anggota Polsek Saparua dan telah mampu mengendalikan keamanan kedua negeri. DMS