Rabu, 15 Februari 2012


Perwakilan Dubes Australia kunjungi Maluku

Perwakilan Duta Besar Australia di RI yang dipimpin oleh sekretaris I Bidang Politik, Daniel Rantzen bersama sekretaris II Bidang Politik, Fleur Hamilton  melakukan kunjungan kerja ke kantor Gubernur Maluku. Kedatangan Rantzen dan Hamilton diterima langsung oleh Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu dan melakukan pertemuan bersama selama kurang lebih 1 jam diruang rapat Gubernur Maluku. Kepada Pers Rantzen mengaku kedatangan mereka untuk melihat secara langsung perkembangan pembangunan Maluku dan membahas kelanjutan kerja sama antara pemerintah Australia dengan pemerintah provinsi Maluku yang telah berlangsung selama ini.

Salah satu kerjasama yang telah berlangsung selama ini yaitu lomba perahu layar Darwin-Ambon. Ini adalah salah satu kerjasama dibidang pariwisata. Hal yang sama dibenarkan oleh Gubernur Maluku, Karel Alber Ralahalu. Menurut Ralahalu, dirinya telah meyampaikan ke perwakilan duta besar Australia untuk meningkatkan kerja sama pariwisata antara kota/kabupaten lainnya di Maluku dengan Australia. Dicontohkannya kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), secara geografis berdekatan dengan Australia. Jarak tempuh pesawat dari MTB ke Australia hanya 30 menit, olehnya Ralahalu meminta perwakilan Dubes untuk melaporkan ke Kadubes Australia untuk RI mempertimbangkan usulannya.

Dia menambahkan dari segi potensi wisata MTB memiliki potensi alam khususnya wisata bahari jauh lebih indah dibandingkan pulau Bali. Ralahalu menambahkan pemerintah Austrlia dan Maluku akan meningkatkan kerjasama dibidang pendidikan, pemerintah Australia bersedia menerima mahasiswa Maluku melanjutkan study akademik khusus di Australia. DMS