Rabu, 25 Januari 2012


Warga negeri Ulath dan Siri-Sori Amalatu bentrok

Bentrokan antar warga kembali terjadi di kecamatan Saparua, kabupaten Maluku Tengah yakni warga negeri Ulath dengan warga negeri Siri-Sori Amalatu. Bentrokan dipicu oleh adanya tindakan kekerasan berat berupa pembacokan dengan menggunakan senjata tajam yang dilakukan oleh salah satu warga dusun Wainahia negeri Siri-Sori Amalatu terhadap Alence Yohanis anggota Polsek Saparua yang berasal dari negeri Ulath.

Akibat bacokan korban mengalami luka sobekan di bagian punggung tangan kiri. Melihat kejadian tersebut keluarga korban tidak menerima dan langsung melakukan penyerangan ke negeri Siri-Sori Amalatu namun dihalangi Polisi.

Kapolres pulau Ambon dan pulau pulau, Suharwiyono mengatakan saat ini korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Bhayangkara Tantui Ambon untuk dilakukan pengobatan. Sementara untuk mengantisipasi terjadinya bentrokan yang lebih luas, dirinya telah menurunkan 45 anggota Polres pulau Ambon dan pulau-pulau Lease untuk mengamankan warga yang bertikai.

Suharwiyon meminta warga Siri-Sori Amalatu dan warga Ulath untuk menghentikan pertikaian dan menyerahkan masalah tersebut ke pihak Kepolisian untuk menangani secara hukum, pasalnya yang terjadi adalah kasus kriminal maka yang bertanggung jawab adalah oknum pelaku yang melakukan tindakan kriminal. Dia juga meminta tokoh pemerintahan desa bersama masyarakat yang mengetahui keberadaan pelaku untuk melaporkan atau menyerahkan pelaku ke aparat Kepolisian karena pelaku saat ini telah melarikan diri.

Sumber informasi lain yang diperoleh dari Jhon Patisahusiwa, ketua Latupati atau kepala persekutuan hukum adat negeri-negeri di Saparua, diketahui sekitar tiga rumah warga Siri-Sori Amalatu telah dibakar massa dari Ulath, sementara korban tewas dan luka-luka belum diketahui jumlahnya. (DMS FM)