Rabu, 18 Januari 2012


Dipastikan lebih dari 4.000 orang hadiri MTQ di Ambon

Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff memastikan lebih dari 4.000 orang peserta atau Kafillah dan undangan lainnya akan hadir di kota Ambon pada Juni 2012 ini untuk mengikuti MTQ tingkat nasional ke-24 di kota Ambon. Kepastian lebih 4.000 orang peserta dan undangan akan hadir melalui rapat Kakanwil Departemen Agama dan ketua-ketua LPTQ se-Indonesia yang membahas persiapan MTQ nasional ke-24 di kota Ambon. Rapat berlangsung pada Selasa pagi di kantor Gubernur Maluku dan dipimpin oleh Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff.

Berdasar laporan dari seluruh Kakanwil Agama dan ketua LPTQ se-Indonesia tercatat utusan masing-masing provinsi yang akan hadir sebanyak 90 hingga 280 orang. Jumlah yang ada melebihi dari ketentuan Menteri Agama yang telah menetapkan peserta MTQ maksimal 60 orang.

Menurut Assagaff jumlah tamu yang akan hadir tidak sebanding dengan ketersediaan penginapan dan hotel yang ada di kota Ambon. Untuk mengantisipasinya pemerintah provinsi Maluku akan melakukan koordnasi dengan PT. Pelni untuk menyiapkan dua Armada kapal Pelni yang akan digunakan sebagai hotel terapung.

Sementara terkait penataan lalu lintas kota Ambon pada saat MTQ berlangsung menurut Assagaff dirinya akan melakukan koordinasi dengan Walikota Ambon untuk diberlakukan dua sistim operasional Angkot yaitu sift A dan B. sift A bagi angkot berplat nomor ganjil dan sift B bagi angkot berplat nomor genap. Kebijakan ini bertujuan untuk menghindari terjadi kemacetan yang dapat menghalangi pesertya MTQ mengikuti lomba, pasalnya tempat pelaksanaan MTQ berada pada beberapa titik di kota Ambon.(DMS FM)