Selasa, 20 Desember 2011


Raja Batu Merah minta warga kota Ambon tidak jadikan kasus kriminal ke kasus Agama

Raja negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau. Awad Ternate meminta warga kota Ambon tidak mengiring kasus kriminal ke kasus agama. Menurut Ternate, fakta yang terjadi di kota Ambon saat ini ketika kasus kriminal maupun Laka Lantas yang didalamnya terdapat pelaku maupun korban yang berasal dari dua komunitas agama Islam dan Kristen langsung diarahkan masalah agama. Sikap seperti ini menurut Ternate, sangat sulit terciptanya kedamaian antar umat beragama dan antar warga kota Ambon.

Ternate menambahkan, solusi yang harus dilakukan oleh warga kota Ambon dalam menyikapi kasus kriminal maupun Laka Lantas yang terjadi di kota Ambon, yaitu tidak mengarahkan kasus yang terjadi ke kasus agama dan menyebutkan oknum maupun pelaku dengan tidak mengsertakan agama yang dianutnya.

Langkah lain yang harus dilakukan yaitu memberikan proses hukum sepenuhnya ke aparat Kepolisian, bukan sebaliknya massa pada TKP main hakim sendiri. Ternate juga meminta aparat Kepolisian tegas dalam mengambil tindakan proses hukum terhadap pelaku yang melakukan tindak kriminal.(DMS FM)