Sabtu, 03 Desember 2011


Wakil gubernur Maluku siap pertemukan masyarakat Porto dan Haria bahas perdamaian

Wakil gubernur Maluku, Said Assagaff menyatakan siap mempertemukan tokoh-tokoh masyarakat negeri Porto dan Haria untuk sama-sama duduk membahas perdamaian antara kedua negeri. Rencana pertemuan kedua negeri akan berlangsung di kecamatan Saparua, kabupaten Maluku Tengah sebelum perayaan hari Natal 2011.

Menurut Assagaff, berdasarkan catatannya telah cukup lama sengketa antara kedua negeri Porto dan Haria terjadi. Akibatnya jatuh korban jiwa bahkan harta benda. Menurut Dia keadaan seperti ini bila tetap terjadi sangat berdampak buruk bagi kedua negeri kedepan diberbagai aspek kehidupan. Kini saatnya tokoh-tokoh masyarakat Porto dan Haria memikirkan nasib anak cucu dimasa yang akan datang. Solusi yang harus dilakukan adalah tokoh-tokoh dan masyarakat Porto dan Haria menyatakan mengakhiri pertikaian dengan duduk berdamai.

Assagaff menambahkan masalah sumber mata air Raja yang selama ini menjadi salah satu penyebab konflik antara Porto dan Haria akan dibantu oleh pemerintah provinsi Maluku dengan proyek air bersih yang dialokasikan untuk membangun sarana air yang dapat dibagikan ke kedua negeri yaitu Porto dan Haria. Menurutnya alokasi anggaran proyek air bersih Porto dan Haria akan ditetapkan dalam waktu dekat ini dan dialokasikan pada APBD Maluku tahun anggaran 2012.
Sementara kasus tapal batas antara kedua negeri Porto dan Haria, menurut Assagaff perlu didiskusikan secara damai antara kedua Raja serta masyarakat Porto dan Haria. Jika solusi kekeluargaan tidak ditemukan, jangan diselesaikan dengan cara bentrokan melainkan melalui proses hukum sehingga tidak menimbulkan jatuh korban masyarakat akibat bentrokan.(DMS FM)