Sabtu, 26 November 2011


Organisasi wartawan AJI Ambon resmi di bentuk

Salah satu organisasi wartawan Aliansi Jurnalis Independent (AJI) kota Ambon resmi dibentuk dan dideklarasikan. Sebelum dilakukan deklarasi AJI persiapan Kota Ambon dilaksanakan pemilihan Ketua, Sekretaris dan Bendahara bersama dengan pemilihan Ketua-Ketua Divisi. Hasil pemilihan Insany Syahbarwati dan Josie Linansera terpilih sebagai Ketua dan Sekretaris AJI persiapan Kota Ambon. Proses selanjutnya yaitu pengukuhan sebagai Ketua dan Sekretaris AJI Kota Ambon yang akan dilaksanakan pada Kongres AJI Makassar pada Ferbuari 2012.

Noor Korompot, Koordinator BPK AJI yang diutus untuk membentuk struktural AJI persiapan Kota Ambon mengatakan rencana pembentukan AJI persiapan kota Ambon telah direncanakan sejak beberapa tahun lalu dan  baru saat ini dapat diwujudkan kepengurusan  AJI persiapan kota Ambon secara struktural. Terbentuknya AJI persiapan kota Ambon menambah perpanjangan tangan dari organisasi AJI pusat di Maluku untuk membantu pekerja Pers di Maluku yang selama ini sering mendapat tindakan kekerasan dalam menjalankan tugasnya. AJI siap mengawal pekerja Pers Maluku dari setiap bentuk tindakan kekerasan yang bertentangan dengan Undang-Undang Pers.

Korompot menambahkan idiologinya AJI adalah mengedepankan  profesionalisme dan Wartawan yang memiliki Etika jurnalis yang jujur adil dan independen, serta tidak menerima imbalan dalam bentuk amplop berupa bingkisan atau yang sejenisnya dengan alasan apapun. Dengan dasar-dasar tersebut diharapkan dukungan dari semua pihak di kota Ambon dan Maluku pada umumnya untuk dapat menerima AJI bisa menjadi pilar demokrasi yang baik untuk menjadi organisasi yang bisa membantu menciptakan iklim demokratisasi khususnya di bidang pengembangan Pers yang lebih baik.(DMS FM)