Jumat, 25 November 2011


Awal Januari 2011 undang-undang provinsi kepulauan rampung

Anggota komisi III DPR RI, Alex Litaay menargetkan awal tahun 2012 rancangan undang-undang provinsi kepulauan akan rampung dibahas oleh badan legislasi DPR RI dan akan diserahkan ke pimpinan DPR RI untuk ditetapkan menjadi undang-undang provinsi kepulauan. Menurut Litaay saat ini pembahasan di badan legislasi hampir final dan kini dikembalikan lagi ke masyarkat dalam bentuk rapat bersama badan legislasi DPR RI dengan tokoh-tokoh masyarakat Maluku untuk dimintai tanggapan tokoh masyarakat tentang rancangan undang-undang provinsi kepulauan yang sedang dibahas badan legislasi.

Olehnya sebagai salah satu anggota badan legislasi DPR RI saat ini dirinya sedang menggelar pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat di Maluku untuk mendengar tanggapan tentang rancangan undang-undang provinsi kepulauan yang sedang di bahas Banleg.

Litaay menambahkan pada rancangan undang-undang provinsi kepulauan akan dimuatkan materi khusus tentang status kekhususan dari undang-undang provinsi kepulauan yaitu tentang perhitungan luas wilayah daerah-daerah provinsi kepulauan akan diukur termasuk luas wilayah lautan, pasalnya tanpa perhitungan luas wilayah lautan sangat merugikan daerah provinsi kepulauan dalam pembagian anggaran APBD dari pemerintah pusat.

Banleg DPR RI juga telah mengagendakan pertemuan bersama tim teknis pengusul undang-undang provinsi kepulauan untuk melakukan pembahasan bersama sejumlah materi teknis sebelum RUU tersebut diserahkan ke pimpinan DPR RI.(DMS FM)