Kamis, 24 November 2011


Densus 88 tangkap pelaku teror bom Ambon

Detasemen khusus (Densus) 88 anti teror Polda Maluku menangkap satu orang pelaku teror Bom di kota Ambon. Wakapolda Maluku, Herry Prasetyo mengatakan pelaku berinisial AU alias D berumur 29 tahun ditangkap dikamar kontrakannya di terminal Ongko Liong, desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon. Pelaku teror adalah warga Maluku yang berasal dari Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat.

Penangkapan pelaku disertai dengan penyitaan satu buah bom pipa rakitan dengan panjang sekitar 12 Cm berdiamater 7 Cm,  1 buah senjata tajam (badik) dan sejumlah uang di dompet pelaku. Bom rakitan yang disita tersebut memiliki daya ledak kuat yang dapat mengkibatkan kerusakan bangunan dan korban jiwa.

Prasetyo menambahkan hasil penyelidikan sementara, Bom yang dimiliki pelaku mirip dengan 8 buah bom yang yang ditemukan polisi pasca insiden bentrokan antar warga Kota Ambon 11 September 2011 yang lalu. Dari hasil interogasi pelaku, Dia mengaku Bom yang dimilikinya berasal dari salah satu keluarganya yang berada di Kota Piru Kabupaten Seram Bagian Barat. Saat ini pelaku telah ditahan di Markas Densus 88 Polda Maluku di jalan Sultan Hasanudin Tantui Ambon untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Sebelum penangkapan Densus 88 telah memantau gerik-gerik pelaku sekitar seminggu lamanya.DMS