Jumat, 23 September 2011


SELASA DEPAN PEMERINTAH HENAN CINA DAN MALUKU TANDA TANGANI KONTRAK KERJASAMA INVESTASI

Pemerintah provinsi Henan – Cina dan Pemerintah provinsi Maluku akan melakukan penanda tanganan kontrak kerjasama (MoA) untuk investasi di Maluku. Kontrak kerjasama ini merupakan lanjutan penanda tanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan pada saat Sail Banda Agustus 2010.

Penandatanganan akan dilakukan pada Selasa, 27 September mendatang. Pemerintah Henan – Cina yanga akan berinvestasi akan datang Senin depan. Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Daerah (BKPMD) Maluku, Rahman Soamena mengatakan pemerintah provinsi Henan akan berinvestasi di bidang pertanian. Namun demikian pemerintah provinsi Maluku akan mendorong sector lainnya seperti perikanan dan perkebunan.

Lebih lanjut Soamena mengatakan pemerintah provinsi Maluku mendapat pull power dari kementrian luar negeri sehingga gubernur Maluku akan menandatangi kontrak kerjasama atas nama Negara.

Sementara itu sebelumnya pemerintah Henan juga telah mengunjungi Tual dan Pulau Buru. Menurut Soamena untuk Kota Tual bisa di kembangkan untuk sektor pariwisata, Sementara untuk pulau Buru bisa dikembangkan untuk sector pertanian. Soamena menegaskan pemerintah Cina telah positif untuk menanamkan modalnya di Maluku. ( DMS FM )