Kamis, 29 September 2011


LOMBA ARUMBAI DAN PERAHU SEMANG AKAN WARNAI FESTIVAL TELUK AMBON 2011

Festival Teluk Ambon yang berlangsung dari tanggal 29 September sampai dengan 1 Oktober akan diwarnai dengan lomba Arumbai dan perahu semang. Selain itu juga akan diperlombakan lomba mancing tradisional dan lomba renang estafet.

Kepala Dinas Kebuadayaan dan Pariwisata provinsi Maluku, Florence Sahusilawane memaparkan lomba arumbai akan di ikuti oleh 10 arumbai, dari Seram Bagian Barat, Saparua dan Pulau Ambon. Sementara satu perahu naga dari Angkatan laut akan turut memeriahkan lomba dayung tersebut.

Dia menambahkan Lomba Perahu Semang akan diikuti oleh 30 perahu. Uniknya lomba perahu semang ini di dayung oleh 2 orang wanita tiap perahu dengan mengenakan pakaian tradisional (baju cele). Sementara lomba pancing tradisional akan diikuti oleh 104 perahu dan lomba renang estafet akan diikuti oleh 41 regu.

Lebih lanjut Sahusilawane mengatakan Festival Teluk Ambon adalah mewujudkan rasa kebahagiaan dan kegembiraan dengan atraksi seni  budaya dan lomba-lomba dayung tradisional.

Sementara bertepatan dengan Pelaksanaan Festival Teluk Ambon 2011 akan diselenggarakan seminar sehari oleh KNPI dengan tema” Peranan Pemuda Dalam Pengembangan Kawasan Pariwisata dan Obyek Wisata di Kota Ambon.

Seminar ini berskala internasional karena melibatkan perwakilan pemuda dari beberapa Negara. Florence berharap kegiatan Festival Teluk Ambon dapat dikemas secara professional dan berkualitas sehingga dapat menarik kunjungan wisatawan Nusantara dan Mancanegara.( DMS FM )