Senin, 26 September 2011


PEMERINTAH PUSAT SIAP BANTU RECOVERY KORBAN BENTROK 11 SEPTEMBER 

Pemerintah Pusat siap mengalokasikan bantuan untuk penangan korban konflik Ambon 11 September lalu. Kepala Dinas Pekerjaan Umum provinsi Maluku, Anthonius Sialoho mengatakan, dari pertemuan Tim penanggulangan pengungsi dengan sejumlah kementrian, disepakati  Alokasi bantuan pemerintah pusat akan disalurkan tahun 2012.

Dia memaparkan Kementrian Sosial akan menanggung 100 unit rumah bernilai Rp.10 juta, sejumlah tenda dan mengganti bufer stok. Sementara Kementrian perumahan rakyat akan menanggung 300 unit rumah bernilai 25 juta rupiah yang diprioritaskan bagi korban yang berpenghasilan rendah.

Kementrian PU menangani masalah air bersih dengan menyedian 20  tendon air berkapasitas 2200 liter, mobil tanki air dan memperbaiki pipa saluran air yang rusak. Anthonius Sialoho mengatakan Kementrian kesehatan akan menanggung biaya pengobatan seluruh korban, memasokan makanan tambahan Asi dan bantuan mobil Ambulans. 

Sementara untuk biaya hidup Sialoho mengatakan tidak di bicarakan dalam pertemuan tersebut. Dari data Posko Pengungsi total kerusakan rumah mencapai 293 rumah.

Pengungsi mencapai 2.665 jiwa.  Sialoho menambahkan Para pengungsi korban konflik selama tahun 2011 akan di tangani dengan dana tanggap darurat dari pemerintah provinsi Maluku dan Pemerintah kota Ambon. ( DMS FM )