Jumat, 23 September 2011


POLDA MALUKU SELIDIKI ASAL TEMBAKAN YANG MELUKAI WARGA
 
Kepolisian Daerah Maluku bentuk tim untuk menyelidiki asal tembakan yang melukai korban saat bentrokan 11 September lalu. Saat bentrokan warga banyak yang  terluka karena peluru tajam. Kapolda Maluku Syarief Gunawan mengatakan saat bentrokan terjadi memang ada warga yang terluka oleh peluru tajam namun belum diketahui apakah peluruh aparat ataukah berasal dari warga sendiri.

Dia mengaku saat bentrokan memang ada tembakan dari aparat ataupun dari warga yang menggunakan senapan. Dia mengaku membentuk tim tersendiri untuk menyelidiki masalah tersebut. Tim yang dibentuk itu juga melibatkan inspektorat pengawasan daerah (Irwasda) Polda Maluku. Irwasda sekaligus akan menyelidiki apakah penggunaan peluru oleh aparat sudah sesuai prosedur atau tidak, sehingga jika diketahui ada kesalahan prosedur, aparat yang bersangkutan bisa langsung dikenai sanksi.


Kapolda Maluku, Syarief Gunawan mengatakan penyelidikan ini dilakukan dengan memperhatikan pula mental petugasnya yang saat ini masih bertugas menjaga keamanan di Ambon paska bentrokan. Menurutnya jangan sampai penyelidikan justru membuat mental mereka jatuh. Lebih lanjut Dia mengatakan petugas kepolisian telah melakukan tugas di lapangan hingga saat ini dengan baik. ( DMS FM )